Tuesday, April 14, 2020

Ini Fakta Warga Lebih Dianjurkan untuk Memakai Masker Kain

0 comments
Pemakaian masker kain pada warga digaungkan untuk menahan penyebaran COVID-19. Pemakaian masker kain ini diinginkan dapat membuat warga lebih gampang mendapatkannya serta membuat sendiri di dalam rumah.

Dokter M. Hud Suhargono, Humas Keluarga Penyangga Indonesia menjelaskan, ini untuk pilihan pemakaian masker daripada tidak memakainya benar-benar saat keluar dari rumah atau waktu berhubungan dengan seseorang.



"Kami merekomendasikan warga menggunakan masker kain multi layer untuk tingkatkan efektifitas perlindungan pada perlindungan penyebaran virus, " kata Hud.

"Salah satunya keuntungan yang lain ialah bahan masker kain ini dapat dicuci lagi dengan deterjen biasa hingga lebih mempermudah warga dalam menjaga serta memakainya, " imbuhnya.

Hud mengutarakan, riset di Cambridge pada 2013 temukan jika bahan kain masker non-medis cukup efisien meredam penyebaran virus. SARS-CoV-2 pemicu COVID-19 sendiri memiliki ukuran 0, 12 sampai 0, 18 mikron.

Dalam riset pada partikel 0, 02 mikron, masker bedah efisien membuat perlindungan pemakainya sampai 97 %. Sesaat, bahan kain semacam lap yang dipakai untuk masker efisien sampai 83 % jika dipakai satu lapis. Jika dipakai dua lapis, efektifitasnya hampir sama juga dengan masker bedah yakni 93 %.

Sementera itu, masker yang dibuat berbahan kain katun bila dipakai satu lapis mempunyai efektifitas sampai 69 % apabila dibikin jadi dua lapis dapat naik sampai 71 %.

Hud menjelaskan, publikasi pemakaian masker kain pada warga ini adalah usaha untuk lebih tingkatkan kesadaran serta kepedulian warga pada perlindungan diri kita, dan keluarga serta seseorang di sekelilingnya.

"Yang penting ditegaskan dalam kampanye pemakaian masker kain untuk publik ini ialah, jika masker ialah sisi satu paket taktik pemutusan rantai penyebaran COVID-19 ini, di samping taktik penting yakni bersihkan tangan dengan air mengalir serta sabun serta social serta physical distancing, dan bertambah banyak lakukan pekerjaan di dalam rumah, " tandas Hund.

No comments:

Post a Comment