Tuesday, September 1, 2020

Cara Merawat Sofa agar Selalu Bersih dan Awet

0 comments

Sofa merupakan salah satu furnitur yang sebaiknya ada dalam setiap hunian. Misalnya saja Anda tinggal di apartemen Jakarta seperti https://theparc.id/. Adanya sofa bisa memberikan kenyamanan lebih pada Anda saat sedang bersantai di apartemen Anda tersebut. Sayangnya harganya yang cukup mahal membuat Anda terkadang merasa ragu untuk membelinya. Padahal, meskipun mahal tetapi sofa sebenarnya bisa bertahan selama bertahun-tahun. Jadi Anda cukup mengeluarkan uang satu kali untuk jangka panjang.


Hanya saja agar sofa bisa awet, Anda tentu perlu melakukan perawatan yang baik dan tepat. Berikut ini adalah beberapa caranya:

·         Bersihkan dengan Vacuum Cleaner Tiap Minggu


Manfaatkan vacuum cleaner untuk  menyedot seluruh debu halus yang ada  di semua sudut sofa secara teratur setiap minggu.  Sebab meskipun terlihat bersih, mungkin saja permukaan sofa memiliki debu atau kotoran halus lainnya.

·         Gunakan Pelindung Sofa

Anda bisa gunakan kain atau selimut tipis untuk melindungi permukaan sofa, plus membuat sofa terasa lebih nyaman saat diduduki. Sedangkan untuk bagian sandaran tangannya, Anda juga bisa gunakan pelindung untuk mencegah penyerapan keringat maupun cairan lainnya, yang mampu memengaruhi keawetan sofa Anda. Pelindung sofa ini bisa Anda beli di toko secara langsung, atau Anda pesan secara khusus jika Anda ingin desain atau warna yang matching dengan interior.

·         Perhatikan Bantal Sofa


Merawat bantal sofa sebenarnya mudah-mudah saja, kok. Setiap hari, Anda hanya perlu menepuk-nepuk bantal agar kembali ke bentuknya semula, terutama setelah bantal sofa digunakan dalam waktu yang panjang, seperti bantal sofa untuk ruang keluarga. Selain mengembalikan bentuknya, cara ini pun dapat menjaga bentuk bantal sofa itu sendiri dalam waktu yang lebih lama.Jangan lupa juga untuk membersihkan bantal sofa ini secara teratur agar tidak menjadi sarang kuman.

·         Segera Bersihkan Saat Ketumpahan Cairan


Cara terbaik menghilangkan noda tumpahan adalah dengan segera membersihkan permukaan sofa begitu ada cairan yang tumpah. Dengan begitu noda permanen bisa Anda cegah. Gunakan kain bersih atau tisu dapur yang tebal (hindari menggunakan tisu wajah) untuk menyerap tumpahan, lalu bersihkan secara lembut dengan air hangat.

 

Apabila ada noda membandel, Anda bisa gunakan cairan penghapus noda, tapi pastikan dulu bahwa cairan tersebut tidak akan merusak permukaan dan warna sofa Anda dengan mengetesnya pada bagian sofa yang tidak terlihat, seperti di bagian belakang dekat kaki sofa. Sementara itu, jika Anda memiliki sofa dengan material kulit, lap permukaannya dengan kain halus yang lembap untuk menyingkirkan debu, remah-remah, dan kotoran lainnya. Kemudian, gunakan sabun atau cairan khusus kulit untuk menjaga kelembapan kulit sofa, yang juga bisa melindungi permukaannya dari noda. Alternatif lainnya, gunakan jasa pembersih sofa profesional untuk mengatasinya.

Itulah cara untuk menjaga kebersihan dan merawat sofa Anda. Semoga informasinya bermanfaat agar sofa Anda selalu bersih dan bisa awet selama bertahun-tahun, ya!

No comments:

Post a Comment